Press "Enter" to skip to content

Fakta Menarik Sepakbola Chad, Negara Asal Ezechiel N’Douassel

Fakta Menarik Sepakbola Chad, Negara Asal Ezechiel N’Douassel, berita ini disadur dari situs bola online yang informatif dan menarik ini yakni duzhubet.com:

  1. Format Kejuaraan Lokal Sering Berganti: Jadi salah satu negara miskin di dunia, kejuaraan sepakbola di Chad pun dapat dibilang kembang kempis. Ketiadaan dana menjadikan masalah pelik yang kerap terjadi di awal kompetisi. Asal dana yang dapat dibuat andalan hanyalah bantuan 1 jt dolar Amerika (Rp 13,3 miliar) dari FIFA yang sampai setiap 4 tahun. Format kejuaraan dan total tim yang mengikuti sering berubah-ubah. Ditahun 2010, Divisi I malah hanya dihadiri oleh 10 tim yang datang dari wilayah M’Djamena saja. Keadaan ini terjadi selama 5 tahun. Pada 2015, format kejuaraan kembali berganti. Divisi I dihadiri oleh 12 tim. Di akhir kejuaraan pun muncul kontroversi. Juara kompetisi bertitel LINAFOOT ini pernah dinyatakan AC Coton Chad hingga pada akhirnya menjadi hak dari Gazelle. Setahun kemudian, kejuaraan berhenti di tengah jalan seusai menjalani 5 pertandingan. Masalahnya tetap sama, tentang keuangan.
  2. Mundur dari Piala Afrika 2017: Putusan sulitpun musti diambil Asosiasi Sepakbola Chad (FTFA) dibulan Maret 2016. Setelah kalah 0-1 dari Tanzania, Chad mengambil keputusan mundur dari babak kualifikasi Piala Afrika tahun 2017. Padahal Chad telah melakoni 3 laga di Grup G yang juga diisi oleh Nigeria dan Mesir. Situasi ekonomi global yang sedang tidak baik menjadikan alasannya FTFA ketika menarik keikutsertaan mereka di kualifikasi Piala Afrika tahun 2017. “Negara kami menghadapi akibat buruk dari krisis ekonomi global. Sebab itu partisipasi kami didalam sejumlah kompetisi pun tak dapat diteruskan. Kami memohon maaf atas keadaan yang tidak dapat kami kendalikan ini,” terang Moctar Mahamoud, Presiden FTFA pada BBC. Atas putusan ini, Chad pun didenda 20.000 dolar Amerika (Rp266 juta) dan dihukum tidak dapat berpartisipasidi babak kualifikasi Piala Afrika tahun 2019.
  3. Belum Pernah Tampil di Piala Afrika dan Piala Dunia: Sejak resmi didirikan pada tahun 1962, asosiasi sepak bola Chad memanglah terbilang kurang aktif ikut kompetisi resmi di bawah FIFA. Semenjak resmi sebagai anggota FIFA di tahun 1964, timnas Chad baru berlaga di babak kualifikasi Piala Dunia sejak tahun 2000. 4 kali mencoba, 4 kali pula timnas Chad menelan kegagalan. Chad disingkirkan Liberia di tahun 2000 dan Angola di tahun 2003. Ketika berpartisipasidi kualifikasi Piala Dunia tahun 2010 Chad cuma sanggup duduk di dasar klasemen grup berdasarkan pencapaian 6 poin. Di kualifikasi Piala Dunia tahun 2014, Chad malah tidak berhasil masuk ke putaran utama kualifikasi zona Afrika. Mereka ditaklukan Tanzania di babak play-off. Di arena Piala Afrika tidak jauh berbeda. Diawali ikut babak kualifikasi sejak tahun 1992, Chad selalu terlempar. Catatan ini akan makin memperbuiruk sebab Chad dijamin tidak dapat bermain di kualifikasi Piala Afrika tahun 2019 sejalandengan pengunduran diri mereka di kualifikasi Piala Afrika di tahun 2017.
  4. Sebagai Sponsor Klub Prancis: Chad merupakan salah satu negara termiskin di dunia. Menurut data Bank Dunia, Chad terdapat di peringkat ke-183 dari 189 negara sesuai pendapatan per kapita. Anehnya, pemerintah Chad sanggup jadi sponsor utama salah satu anggota Ligue 1 Prancis, FC Metz. Dengan kostum yang digunakan skuad Metz di musim lalu, ada tulisan “Tchad, Oasis du Sahel”. Berarti kurang lebih “Chad, Oasis dari Sahel”. Sekadar info, Sahel adalah wilayah yang terletak di antara gurun Sahara di sisi utara dan padang rumput Sudan di sisi selatan yang memang merupakan bagian dari wilayah Chad. Pihak pemerintah Chad berdalih, kalau hal tersebut adalah cara mereka demi menghapus pendapat negatif dan merubahnya sebagai hal positif. Diinginkan ada sejumlah wisatawan yang mau berkunjung ke Chad supaya dapat menaikan ekonomi masyarakat. Tidak adanya rilis resmi soal nilai sponsorship itu. Tetapi, L’Equipe mengatakan ada di berkisar angka 2-4 jt euro atau senilai Rp31,4 miliar sampai Rp62,9 miliar. baca juga di http://indobola.me/

3 Comments

  1. bandar bola October 28, 2017

    KALAU ADA WAKTU MAIN KE BLOG SY MAS GAN ADA BERITA BOLA JUGA DISANA

  2. apartemen harian di depok November 13, 2017

    Hi there this is kind of of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding knowledge so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be enormously appreciated! :

    http://sewaapartemenhariandepok.com/why-us/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *