Press "Enter" to skip to content

Bikin Terkejuta Inilah Legenda Belanda AFC Ajax

Mengulas tentang klub-klub besar di Eropa, ada sebuah klub legenda Belanda yang patut untuk diperhitungankan. AFC Ajax merupakan salah satu klub terkuat di Negara Kincir Angin. Sudah banyak kemenangan yang diraih oleh AFC Ajax. Baik itu pertandingan di dalam negeri maupun pertandingan setingkat Liga Eropa. Amsterdamsche Football Club Ajax NV atau AFC Ajax didirikan pertama kali pada 18 Maret 1900. Klub legenda Belanda ini berasal dari Amsterdam, Hooland Utara, Belanda. AFC Ajax juga memiliki julukan de Godenzonen, Ajacieden, de Joden, de Amsterdammers. Di klub ini, para pemain-pemain muda handal dilatih secara intensif oleh pelatih. Dengan begitu, AFC Ajax secara bertahap terus menghasilkan para pemain muda yang berbakat. Para pemain muda yang berhasil dilahirkan oleh AFC Ajax berasal dari Belanda dan luar Belanda.

Stadion & Pemain Legendaris Belanda AFC Ajax

Stadion resmi milik AFC Ajax bernama Stadion Amsterdam Arena. Stadion ini berlokasi di kota Amsterdam, Holland Utara, negara Belanda yang memiliki kapastitas penonton sebanyak 53.502 jiwa. Stadion Amsterdam Arena dirikan pada tahun dan 1993 dan pertama kali dibuka untuk umum pada 14 Agustus 1996. Dalam proses pembangunanya, stadion ini telah menelan biaya kuranglebih sebesar 140 juta Euro. Selama masa berdirinya, AFC Ajax telah berhadil melahirkan banyak sekali para pemain-pemain tangguh yang menjadi legenda di negaranya. Berikut ini merupakan para pemain legenda Belanda yang telah menorehkan berbagai kemenangan. Yaitu ada:

  1. Dennis Bergkamp yang sempat bergabung dengan Internazionale dan Arsenal setelah berlaga di AFC Ajax. Memiliki kemampuan tendangan untuk mencetak gol, membuat Bergkamp menjadi salah pemain yang diperhitungkan di Belanda.
  2. Marco van Basten merupakan salah pemain terbaik yang pernah dimiliki Belanda. Tapi sayangnya, karir Basten harus berakhir dalam usia muda karena cidera kaki yang dideritanya. Selain bergabung dalam Ajax, Basten juga bergabung dengan AC Milan dan Timnas Belanda.
  3. Clarence Seedorf bergabung dengan Ajax tahun 1995, selain itu ia juga sempat menjajal klub-klub besar lainnya seperti Real Madrid dan AC Milan. Kini Seedorf masih aktif bermain sepak bola di klub Brasil Botafogo.

Ada beberapa pemain legenda Belanda AFC Ajax yang kemashurannya sampai ke negara-negara lain diantaranya Johan Crufyy yang berjulukan The Total Footballer. Berkat kemahirannya menggiring bola, legenda hidup Belanda ini pernah mengantarkan Timnas Belanda sebagai runner-up di dua ajang Piala Dunia. Ada pula Ruud Gullif yang memiliki jabatan sebagai Kapten Timnas Belanda pada kejuaraan Euro tahun 1988. Saat membela AC Milan, Guulif dapat memberikan gelar juara Liga Champions dan menjuarai Scudetto. Selain itu, ada Frank Rijkaard bersama timnas Belanda yang dapat memberikan sebuah kemenangan manis pada Euro 1988. Ia juga berhasil menyabet kemenangan ketika masih membela AC Milan di Italia dan Eropa 1988.

Memiliki para pemain-pemain lapangan hijau yang berbakat, dapat mengangkat nama AFC Ajax menjadi salah satu klub bola yang harus diperhitungkan. Ada banyak sekali prestasi yang disabet klub legenda Belanda ini. Diantaranya yang paling terkenal adalah 18 Piala Belanda, 8 Johan Cruijff Shield, 2 Piala Interkontinental, 4 Piala Champions, 1 Piala Winners, 1 Piala UEFA, 1 Piala Intertoto serta 3 Piala Super Eropa.

3 Comments

  1. Berita Bola May 4, 2017

    makasih ya bray utk artikelnya ini dan kalau ingin berita lainnya tentang Prediksi cukup baca di situs Berita Sepakbola kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *