Press "Enter" to skip to content

6 Spot Populer Wisata Pelabuhan Ratu, Sukabumi

6 Spot Populer Wisata Pelabuhan Ratu, Sukabumi Obyek wisata Pelabuhan Ratu merupakan salah satu tujuan liburan cukup indah yang bisa Kalian kunjungi ketika ada di Kabupaten Sukabumi. Karakteristik wisata Pelabuhan Ratu ada di tebing karang yang terjal, gelombang lautnya yang raksasa, dan panorama pantai yang memukau hati. Itulah sebab mengapa satu dari sekian banyak obyek wisata di Sukabumi ini jadi destinasi yang disukai oleh banyak penikmat traveling dari mancanegara. Dari sisi administratif, Pelabuhan Ratu merupakan sebuah kecamatan yang terdiri dari 9 desa dan 1 kelurahan. Lokasi geografinya yang berbatasan langsung dengan perairan lepas Samudera Hindia menyajikan Kalian sejumlah pesona wisata bahari yang spektakuler, mulai dari panorama yang indah sampai scuba diving yang spesial. Darikota Jakarta, jarak rekreasi ke Pelabuhan Ratu hingga 137 Km dan membutuhkan waktu 3 jam hingga 4 jam perjalanan. Sedangkan dari Bandung ke Pelabuhan Ratu, memiliki jarak sejauh 153 Km. Salah satu hal menarik mengenai kawasan wisata Pelabuhan Ratu ini ialah kisah mistis yang sering dihubungkan dengan Nyi Roro Kidul. Tak lepas dari posisi pantainya yang dijadikan sebagai sisi dari pantai selatan Jawa. Mitos dan tragedi mistis ini merupakan kearifan lokal, jadi bagian tidak terpisahkan dari kepopuleran Pelabuhan Ratu itu sendiri menjadi salah satu pilihan wisata paling menawan di Sukabumi dan diminati banyak penikmat perjalanan dalam negeri dan mancanegara. Berikut adalah beberapa spot menarik yang bisa Kalian temukan di obyek wisata Pelabuhan Ratu di Sukabumi.

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu

Inilah obyek wisata paling terkenal di Sukabumi, adalah destinasi pertama bagi siapapun yang berkunjung ke obyek wisata Pelabuhan Ratu. Pantai Pelabuhan Ratu memberikan sajian panorama yang menakjubkan, dibalut udara sejuk, dan pasir terhampar luas. Di pantai itu, Kalian akan menjumpai batu-batuan karang terjal yang menghadap ke laut dan cagar alam di sisi lainnya. Hantaman ombak besar yang menerjang karang makin menambah panorama indah pantai di Sukabumi ini. Cara cukup populer yang dilaksanakan wisatawan di pantai Pelabuhan Ratu ini ialah dengan bermain di pinggiran pantai, menjejakkan kaki menikmati alam sekitar, sampai memancing jika hobinya seperti itu. Apabila mau, Kalian dapat naik kuda yang pasti menghantarkan Kalian berkeliling dari kawasan pantai itu.

  1. Scuba Diving di Pelabuhan Ratu: Keindahan alam bawah laut Pelabuhan Ratu merupakan satu dari sekian banyak yang menawan yang bisa Kalian temui. Walau dikenal dengan arus lautnya yang tinggi, tapi tak semua tempat di kawasan Pelabuhan Ratu punya ombak tinggi dan arus yang kuat. Sejumlah spot diving di Pelabuhan Ratu yang terkemuka ialah Karang Antuk, Sodong Parat, dan Batu Kuok. Dari ketiganya, Karang Antuk ialah yang sangat disukai para pecinta diving. Kalian bisa menghubungi dive operator di Pelabuhan Ratu tuk dapat menjelajah pesona eksositem bawah lautnya. Ada aneka jenis ikan dengan warna-warni yang bagus dan terumbu karangnya yang begitu berbeda.
  2. Goa Lalay: Di Goa Lalay, ada jutaan kelelawar hidup. Ketika hari jelang petang saat sekitar jam 5 sore, komunitas kelelawar umumnya akan mulai keluar dari dalam goa tersebut. Lokasi goa yang cuma memiliki jarak beberapa meter dari bibir pantai mendukung Kalian tuk dapat memandangi sunset di Pelabuhan Ratu sambil menyaksikan atraksi ribuan kelelawar berangkat yang memang unik.
  3. Pantai Cimaja: Inilah pantai yang letaknya dekat dengan Pelabuhan Ratu dan jadi salah satu area surfing cukup favorit bagi kaum peselancar. Pantai ini tak asing di golongan surfer nasional dan internasional. Pantai Cimaja mempunyai ombak yang tinggi dengan tinggi ombak sampai 4 m. Beberapa perlombaan surfing pernah terselenggara di pantai itu. Di saat weekend, pantai ini pasti ramai oleh para surfer. Namun, pantai Cimaja tidak hanya tuk aktivitas berselancar saja. Di pantai ini Kalian bisa menghabiskan waktu dengan beristirahat sambil merasakan keindahan pemandangan batu-batuan kali yang ada di sepanjang pantai serta menyaksikan para peselancar mempertunjukkan kebolehannya menerjang ombak Cimaja, berliuk-liuk mengikuti gerakan gelombang.
  4. Pantai Karang Hawu: Lokasi pantai ini pun dekat dari area wisata Pelabuhan Ratu. Panorama karang dan tebing-tebing yang menghadap ke laut ialah panorama unik yang bisa Kalian temui di pantai Karang Hawu. Pesona alam di kawasan ini sungguh menawan, menyajikan Kalian keindahan sepanjang garis yang tersaji di hadapan. Berenang merupakan aktivitas yang populer dilaksanakan wisatawan di pantai ini, terlebih lagi di saat pagi hari dan sore hari. Disamping itu, berselancar juga merupakan aktivitas lain yang sangat banyak dilakukan wisatawan di pantai itu.
  5. Pemandian Air Hangat Cisolok: Tidak jauh dari obyek wisata Pelabuhan Ratu, Kalian bisa pergi dengan gampang ke lokasi pemandian air hangat yang berada di desa Cisolok. Keistimewaan air hangat Cisolok ialah di airnya yang keluar lewat bebatuan dengan 3 titik semburan. Air hangat yang keluar dari titik semburan ini bersuhu tinggi hingga 79 derajat Celcius, oleh sebabnya Kalian tidak diperbolehkan berdiri di dekat dengan titik semburnya. Sangat jarang ditemui pemandian air hangat di kawasan pantai, karena pada umumnya ada di daerah pegunungan seperti yang akan ditemukan di Ciater, dan Gunung Pancar. Mandi di kolam air hangat ini dipercaya bisa berkhasiat untuk kesehatan badan. Satu hal lagi, air hangat Cisolok ini tak mengandung sulfur, tetapi bersumber dari Geyser bumi.
  6. Hotel Yang Terdapat di Obyek Wisata Pelabuhan Ratu: Obyek wisata Pelabuhan Ratu mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap. Kalian dapat mendapatkan banyak pilihan hotel dan homestay di kawasan ini, mulai dari yang mewah atau berbintang hingga bermacam-macam jenis villa. Barangkali Kalian harus melakukan booking sebelum hari H tuk mendapat kamar kosong, khususnya di saat hari libur. Kalian dapat mengkontak pihak hotel di sana dan mendapatkan hotel di Pelabuhan Ratu dengan cara online.
  7. Cara Menuju Pelabuhan Ratu: Perjalanan ke obyek wisata ke Pelabuhan Ratu bisa ditempuh dari Bogor dan Depok. Jika Kalian ingin naik kendaraan umum, Kalian dapat mulai dari Terminal Baranangsiang di kota Bogor dengan ambil bus rute Bogor – Pelabuhan Ratu. Perjalanan itu akan menghabiskan waktu sampai sekitar 3 jam 30 menit. Apabila Kalian ke Pelabuhan Ratu naik kendaraan pribadi, maka dari Depok Kalian bisa memulai rute perjalanan dari Sawangan, kemudian melintasi Pengasinan, kemudian Sasak Panjang – kemudian Cijeruk sampai pada akhirnya hingga di obyek wisata Pelabuhan Ratu.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *